Senin, 25 Januari 2010

PANGGILAN HAJI

Keberangkatan calon jamaah haji sintang ketanah suci mekkah yang dijadwalkan 8 November telah menimbulkan duka, pasalnya salah satu jamaah asal kecamatan sintang telah meninggal sebelum keberangkatan, calon jamaah yang meninggal itu yakni Halimah Sa’adah binti Basa yang berumur 65 tahun, beliau meninggal pada hari Minggu 25-10 lalu (pontianak post 27-10-2009).

Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam yang terkahir wajib hukumnya bagi yang mampu untuk menunaikan ibadah yang dimaksud mampu disini adalah mampu dalam fisik dan harta akan tetapi gugur kewajiban tersebut begi orang yang meninggal ataupun orang yang kehidupannya serba kekurangan.

Menunaikan ibadah haji adalah keinginan semua manusia terutam bagi umat Islam, menjadi calon jamaah hajipun tidak cukup dengan mampu dalam fisik dan harta akan tetapi calon jamaah haji harus bisa menyiapkan fisik dan mental dengan baik . selain itu jamaah haji harus mengetahui secara jelas syarat dan rukun pelaksanaan ibadah haji, selain itu yang tidak kalah pentingnya lagi adalah sikap ikhlas yang harus dimiliki oleh setiap calon jamaah kerena dalam menunaikan ibadah haji ini kita diharuskan bersabar, tidak nutut kemungkinan kita bakalan diuji beragam cobaan yang datang krpada kita dikala kita telah sampai ketanah suci. Untuk menguji kesabaran dan keikhlasan kita dalam menunaikan ibadaha haji ini.

Tujuan dari ibadah haji ini adalah mensucikan diri kita dari dosa yang telah ssering kita lakuakn, paling tidak dalam menunaikan ibadah haji ini kita melakukan hal yang baik-baik, bertaubat atas apa yang telah kita perbuat selama ini, kejadian-kejadian yang menkjubkan mingkin bakalana sering ditemui oleh para jamaah haji ditanah suci nanti, sesuai dengan amal baik yang telah dilakukan para jamaah setiap harinya.

Sebelum pergi ketanah suci calon jamaah haji dilatih terlebih dahulu, cara-cara apa saja yang akan dilakukakan nanti ketika sampai di tanah suci atau bisa disebut juga dengan manasik haji, untuk membekali para jamaah haji. Selama mengukuti kegiatan yang menjadi kewajiban terkhir dalam rukun islam yang berjumlah lima, pada umumya calaon jamaah haji biasanya menggelar acara selamatan untuk melepas keberangkatan calon jamaah haji yang diadakan di rumah masing-masing.

Tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan ibadah haji adalah ikhlas, sabar dan tekun, krtiga hal ini harus ditanamkan di dalam diri setiap calon jamaah haji, para jamaahpun nantinya harus senantiasa berkonsentrasi dan jangan memikirkan yang dtinggalkan, sepaya bisa melaksanakan ibadah haji yang baik dan benar sehingga dapat menjadi hajiyang mabrur.

Sementara pihak keluarga dan tetangga dekat calon jamaah haji yang ditingggalkan diharapkan mendoakan agar mereka kembali dengan harapan semua eluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar