Senin, 25 Januari 2010

PENTINGNYA MENANAM POHOM

Walikota Pontianak, Sutarmidji, SH,M. Mun untuk menindak tegas kegiatan penebangan pohon tanpa izin patut mendapatkan apresiasi yang tinggi dan perlu didukung oleh semua pihak. Menurut beliau, pada awal November mendatang, pemkot Pontianak akan mengajukan rancangan perda tentang perlindungan terhadap taman penghijauan. Dalam perda tersebut, siapapunyang menebang pohon tanpa izin akan diberikan sanksi dengan maksimal 50 juta. Jika baru membangun. Ijin bangunan tidak akan dikeluarkan apabila melanggar peraturan ini (metro selasa 30 november 2009).

Karena sangat banyak manfaat daari pohon diantarany sebagai tempat penyerapan air, penyimpanan air, untu cadangan air sehingga tidak kekeringan dimusim kemarau, dan mencegah tanah agar tidak longsor.

Manusia bernafas menbutuhkan oksigen bukan karbondioksida, jadi sangat diperlukan adanya pohon kota dijalan raya karena semakin banyak kendaraan maka semakin banyak pula pohon yang ditanam, bukan malah semakin tidak ada, akan tetapi pada kenyataannya jumlah pohon yang ada untuk menetralisir asap kendaraaan bermotor sebanding atau bisa lebih banyak dengan kendaraan motor yang ada.

Pohon sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia dan sangat berperan dalam siklus keseimbangan alam, pohon menjaga suplai udara supaya tetap segar dengan menyerap karbondioksida dan memproduksi oksigen, dalam setahun satu pohon bisamenyerap karbon sebanyak yang diproduksi oleh sebuah mobil.

Pohon menurunkan tempratur udara denga mengembunkan air dari daun, pohon mengura polusi suara dengan berfungsi sebagai penahan suara. Akar pohon menstabilkan tanah dan mencegah erosi, pohon mempebaiki kualitas air dengan menyaring air hujan begitu juga melindungi tana air dan lumbung air. Pohon memberi perlindungan dari hujan deras selain juga mengurangi limoasan air hujan dan kemungkinan banjir. Pohon menyediakan makanan dan naungan untuk kehidupan liar.

Betapa berartinya pohon bagi kita marilah milai dari sekarang menggalakkan adanya pohon kota untuk kota Pontianak tercnta ini, kita mnegetahui bahwa bumi tempat tinggal kita, tinggal ini sedang dilanda pemanasan global ini. Kalau bukan kita siapa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar